Badan Penanggulangan Bencana Kota Jayapura Alamat : Jln. Pasar Baru-Distrik Abepura

Kamis, 02 Januari 2014

KEDIAMAN MAMA EMA SALOSSA TERBAKAR


Warga di Kotaraja dan sekitarnya pada Sabtu (28/12) pagi sekira pukul 09.00 WIT dikejutkan dengan adanya kebakaran yang melanda rumah bertingkat atau lantai II di Kompleks Pemda IV, tepatnya rumah No A3 yang merupakan kediaman milik mantan Gubernur Papua alm. Dr. Jacobus Perviddya Solossa,M.Si atau lebih dikenal dengan panggilan J.P. Solossa atau Jaap Solossa yang didiami oleh istri dan anaknya. 

Akibat kebakaran ini, seluruh bangunan lantai 2 ludes dilahap si Jago Merah. Namun untungnya, dalam kebakaran ini tidak mengakibatkan adanya korban jiwa. Berdasarkan informasi kebakaran itu diduga kuat akibat korsleting listrik pada salah satu kamar di lantai dua rumah tersebut.  Mama Emma Solossa terlihat shock. Dirinya mengaku masih dalam keadaan terlelap dan api tiba-tiba sudah membakar lantai atas rumahnya. Para tetanggapun membantu membangunkan dan memberikan pertolongan dengan mengangkut barang-barang miliknya keluar rumah. Meski begitu, kerugian materiil ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Salah satu tetangga korban, Agustina Wanane mengatakan dirinya melihat api saat dirinya akan tiba di rumah setelah sebelumnya keluar untuk fotokopi berkas. Saat itu pula tubuhnya terasa kaku, karena dirinya menduga bahwa asap yang membumbung tinggi itu berasal dari rumahnya. Namun ketika tiba di rumahnya yang sebelumnya dalam keadaan terkunci, ternyata sudah terbuka dan hampir seluruh isi rumahnya sudah dibawa keluar rumah dengan dibantu warga. Hanya tembok itu yang menghalangi rumah saya dan rumah korban, saya takut api akan terus merambah. Ketika datang sudah ternyata sudah diamankan oleh masyarakat sekitar, padahal baru 15 menit yang lalu saya tinggalkan rumah.

Api yang melahap lantai 2 itu terus membesar. Tak berapa lama kemudian, bagian atas lantai 2 itu pun ambruk setelah dimakan di Jago Merah. Mobil pemadam kebakaran yang datang setelah bagian atap itu ambruk merasa kesulitan untuk memadamkan api karena terhalang bagian rumah depan yang tidak bertingkat. Sementara lewat bagian belakang rumah pun tidak bisa tembus karena terhalang rumah-rumah warga lainnya. Kami menurunkan 4 mobil unit Damkar, dan di backup oleh satu unit water canon dari Brimob Polda Papua,” ucap Kabid Damkar Kota Jayapura Andy Isak Terru.

Diakuinya, kebakaran tidak berlangsung lama, dan dari musibah itu 2 kamar habis terbakar dan hanya pada lantai dua, tidak sampai merambah ke tetangga, apalagi lantai satu kediaman JP Solossa itu. Sementara itu, Kapolsek Abepura Kota, Kompol Decky Hursepuny melalui Kanit Reskrim Polsek Abepura Kota, Iptu Subur Hartono mengatakan bahwa kebakaran yang terjadi di Kediamaan Alm JP Solossa diduga karena korsleting.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar